Besaran Biaya Umroh 2022 Berdasarkan Rekomendasi Kementrian Agama

Informasi mengenai biaya umroh 2022 adalah hal penting yang wajib diketahui calon jamaah. Jika sudah paham, maka berangkat ibadah ke Tanah Suci pun bisa direncanakan secara sebaik-baiknya. Seperti yang sudah diketahui, ibadah umroh dan terutama haji memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk itulah jika Anda mengetahui besaran biayanya sejak awal, bisa menabung terlebih dulu.

Tingginya peminat untuk menjalankan ibadah umroh ini rupanya menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Para penyedia agen travel saling berlomba-lomba menawarkan paket dengan harga bersaing untuk para calon jamaah di Indonesia. Sama seperti saat serbuan produk China yang merusak iklim perdagangan lantaran pasang harga terlalu murah, hal itu juga yang terjadi di dunia biro travel umroh.

Celah bisnis ini pula yang dimanfaatkan oknum-oknum tak bertanggung jawab untuk memperoleh keuntungan besar lewat jalur penipuan biaya umroh murah. Bukannya digunakan untuk kepentingan jamaah, dana calon jamaah digunakan untuk kebutuhan pribadi seperti kasus First Travel dan Abu Tours yang menelan korban lebih dari 150 ribu jamaah dengan total kerugian lebih dari Rp 2 triliun!

harus di pahami

Rincian Biaya Umroh 2022 Yang Wajib Diketahui

Fenomena biaya umroh murah memang menjadi hal yang diburu umat muslim di Tanah Air. Karena memang siapa sih yang tak ingin bisa ke Mekkah dengan biaya cuma Rp 14 juta? Padahal tanpa disadari, besaran biaya itu terbilang sangat tidak masuk akal. Untuk itulah agar kasus penipuan semacam First Travel dan Abu Tours tak terjadi, pemerintah lewat Kementrian Agama (Kemenag) mencari solusi.

Melalui diskusi dengan berbagai biro travel ternama di Tanah Air, Kemenag pun akhirnya mengeluarkan referensi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Umrah (BPIU) terbaru. Berdasarkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 221 Tahun 2018 tentang BPIU Referensi, besaran standar minimal biaya umroh dari Jakarta menyentuh angka Rp 20 juta tiap peserta.

BPIU ini sendiri rencananya akan diterbitkan secara berkala oleh Kemenag sesuai dengan perkembangan dunia bisnis. Dengan adanya standar harga paket umroh minimal, Panitia Pelaksana Ibadah Umroh (PPIU) dalam hal ini adalah para biro travel bisa menjadikannya sebagai penetapan dasar biaya paket umroh. Kemenag menghitung batas bawah ini berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Senada dengan referensi BPIU itu, Budi Firmansyah selaku anggota Dewan Kehormatan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji Republik Indonesia (Amphuri) pun sepakat. Menurut Budi, hitung-hitungan para biro travel menemukan besaran biaya umroh dari Indonesia ada di kisaran Rp 22 juta/peserta. Dan media Merdeka pun melakukan perincian secara mendetail seperti berikut ini:

  1. Tiket pesawat Jakarta-Jeddah PP: Rp 12,8 juta – Rp 15,2 juta

  2. Hotel Madinah: Rp 700 ribu – Rp 4,2 juta per orang

  3. Hotel Mekkah: Rp 800 ribu – Rp 6,3 juta per orang

  4. Biaya makan di Mekkah dan Madinah: Rp 900 ribu – Rp 4,8 juta

  5. Biaya visa: Rp 790 ribu – Rp 1,2 juta

  6. Sewa bis, snack, air zam-zam, airport tax: Rp 1,5 juta – Rp 2,2 juta

  7. Handling, muthawif, sopir, porter, pembimbing, manasik: Rp 1,7 juta – Rp 2,8 juta

  8. Admin travel: Rp 700 ribu – Rp 2 juta

Melihat rincian biaya yang ada, BPIU memang sudah menetapkan referensi yang paling logis. Sehingga Anda sebagai calon jamaah akan heran kalau ada biro travel berani menetapkan harga paket umroh hanya Rp 14 juta per peserta, padahal kebutuhan standarnya lebih dari itu.

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Umroh 2022

Faktor-Faktor Yang Pengaruhi Biaya Umroh

Melihat besaran rincian biaya umroh yang ada, ditemukan juga fakta bahwa rupanya ada biro travel yang menawarkan paket umroh senilai Rp 40 jutaan. Hal ini tentu mengagetkan karena biaya sebesar itu bahkan sudah bisa digunakan untuk menjalankan ibadah Haji. Perbedaan besaran biaya paket umroh ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti berikut:

1. Kelas Maskapai

Anda tentu sudah tahu kalau maskapai penerbangan di dunia ini terbagi jadi dua yakni Full Service Airline (FSA) dan Low Cost Carrier (LCC). Bicara soal kenyamanan, maskapai FSA seperti Garuda Indonesia atau Qatar Airways jelas yang terbaik dengan harga tiket relatif lebih mahal. Namun biro travel dengan paket umroh murah, jelas memakai maskapai LCC seperti AirAsia atau Lion Air.

2. Jenis Penerbangan

Ada tiga jenis penerbangan yang wajib dicermati saat hendak membeli paket umroh yakni non-stop, direct serta connecting. Yang non-stop jelas cuma mendarat dan lepas landas sekali sehingga lebih cepat tapi harga tiket lebih mahal. Kalau mau murah Anda harus rela memakai penerbangan connecting alias transit dan harus ganti pesawat di sebuah negara.

3. Akomodasi di Tanah Suci

Faktor utama lain yang mempengaruhi biaya umroh murah adalah perihal akomodasi di Tanah Suci mulai dari hotel, makanan hingga transportasi. Harga hotel bintang lima yang semakin dekat ke Masjidil Haram jelas jauh lebih mahal daripada yang berjarak 1 km. Begitu pula dengan makanan yang ditawarkan paket terbaik berbeda dengan paket umroh minimalis. Hal serupa juga ada pada transportasi.

Untuk itulah bagi Anda yang menjalankan ibadah umroh dengan kerabat yang sudah berusia lanjut, usahakan jangan pakai paket dengan biaya minim. Karena semakin murah biaya umroh, jelas butuh perjuangan dan kesabaran lebih.

paket umroh 2022 murah
perlu dipahami

Biaya Umroh di Negara-Negara Muslim Lain

Sebagai pusat dari kiblat umat muslim di seluruh dunia, Masjidil Haram memang jadi tempat impian. Hampir setiap tahunnya, jumlah muslim yang menunaikan Haji atau umroh makin besar. Seperti di Indonesia, negara-negara berpenduduk muslim lain juga memberangkatkan warga mereka ke Baitullah. Dengan berbagai faktor yang sudah diulas, besaran biaya umroh di tiap negara jelas berbeda.

Anggap saja uang yang harus dikeluarkan untuk umroh memang terhitung sekitar 50% dari ibadah Haji. Untuk muslim di Malaysia, biaya ibadah umroh ke Tanah Suci mereka dibilang relatif murah karena rata-rata pendapatan warganya lebih besar sehingga setara dengan 3-4 bulan gaji. Sementara bagi muslim Bangladesh, dibutuhkan 1-1,5 tahun gaji untuk bisa menjalankan umroh.

Lebih lama dari Malaysia, muslim Indonesia rata-rata harus menabung 7-8 bulan gaji agar bisa umroh. Namun dari sisi besaran, biaya umroh termahal dipegang oleh negara Mesir. Untuk muslim Mesir yang ingin umroh, mereka harus menggelontorkan uang mulai USD 3.000 (sekitar Rp 45 juta). Nilai yang hampir setarah dengan biaya ibadah Haji termurah di Indonesia dan Pakistan.

Umroh 2022 Nyaman Dengan Biaya Masuk Akal

Menjalankan ibadah umroh 2022 yang aman di Tanah Suci adalah impian setiap muslim. Untuk itulah Anda harus tahu rincian fasilitas yang diperoleh jika ingin beribadah ke Baitullah tanpa masalah. Jangan sampai ngotot pergi umroh dengan biaya murah, tapi fasilitas yang diberikan buruk sehingga malah bikin kecewa.

Seperti prinsip ekonomi pada umumnya, semakin nyaman maka butuh biaya semakin besar. Oleh karena itu Mudatama Tours & Travel dibawah PT. MUDAH WISATA BERSAMA dengan Nomor Izin PPIU U.547 TAHUN 2020, Hadir dengan Tawaran Paket Umroh Seperti dibawah ini:

Sehingga Berdasarkan Ragam harga umroh yang berbeda dari yang murah sampe yang Mahal Jamaah Bisa Memilih Sesuai Dengan Kapasitas dan Kemampuan.

Namun Mudatama Tours & Travel Berkomitmen Berupaya Memberikan Harga Paket Umroh Yang Terjangkau, Murah dan Mewah Fasilitasnya.

Izin Resmi Mudatama Tours & Travel di Kementrian Agama

sisko patuh mudatama tours
Kata Bijak Umroh Plus Turki